Rabu, 14 Oktober 2009

TANDA-TANDA JATUH CINTA


1. Selalu ingin bertemu.Orang yang jatuh cinta kepada Allah selalu ingin bertemu dengannya. Hal ini diwujudkan dengan shalat.

2. Malu-malu jika yang dicintai memandangnya. Sikap ini tercermin nyata bagi kaum hawa. Aplikasi tingkat malu mereka lebih tinggi daripada pria. Cinta kepada Allah akan membuat kita merasa malu bila sampai melakukan kesalahan.

3. Banyak mengingat dan menyebut nama yang dicintainya. Orang yang jatuh cinta, merasa bangga ketika menyebut yang dicintainya, terutama dikala dalam keadaan bahaya. Inilah yang diisyaratkan Allah dalam firman-Nya, “... jika kalian bertemu dengan musuh, berteguh hatilah dan sebutlah nama Allah sebanyak-banyaknya ,” (QS Al-Anfal : 45).

4. Tunduk kepada apa yang diperintahkan yang dicintainya. Imam Syafi’i pernah berttur dalam syairnya, “Seandainya cintamu itu benar, tentu engkau akan menaatinya. Karena sang pencinta pasti akan menuruti yang dicintainya.” Allah juga berfirman ,”Jika kalian mencintai Allah, ikutilah aku (Myuhammad) niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosa kalian.” (QS al-maidah : 31).

5. Sabar terhadap ujian dari yang dicintainya. Bahkan, kesabaran itu harus manjadi ketaatan.

6. Mencintai apa yang dicintai sang kekasihnya. Diceritakan bahwa Anas bin Malik menyukai labu karena Rasulullah saw menyukai buah itu.

7. Cemburu terhadap apa yang dicintainya. Ketika Sa’ad bin Ubadah menggambarkan, jika ia menemujkan istrinya bersama lelaki lain, ia akan marah dan membunuhnya lantaran cemburu, Rasulullah saw bersabda, “Apakah kalian heran terhadap kecmburuan Sa’ad? Sungguh aku lebih pencemburu daripada Sa’ad. Allah lebih pencemburu daripada aku,” (HR Bukhari Muslim).

8. Bersedia berkorban untuk yang dicintainya. Hal ini telah dicontohkan oleh para sahabat. Mereka bersedia mengorbankan apa saja demi kejayaan Islam yang mereka cintai.

9. Bergetar jika disebut nama atau sesuatu yang berkanaan dengan yang dicintainya, Inilah sifat orang-orang mukmin yang digambarkan Allah dalam firman-Nya, “Sesungguhnya orang-orang yang beriman itu adalah mereka yang bila disebut nama Allah, bergetarlah hatinya,...” (QS al-anfal : 2).

(Sumber : Raudhatul Muhibin, Ibnu Qayyim Al-Jauziyah)
www.rumahkusurgaku.com

0 ulasan:

Catat Ulasan

 

Ijlis Bina Nu'man Saah Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template